Contoh Ungkapan Dan Artinya

64 9709

Tanpa kita sadari dalam kehidupan sehari-hari kadang kita masih menggunakan contoh ungkapan dan artinya atau suatu kalimat yang berupa ungkapan. Bahkan karena kata-kata ungkapan tersebut sudah sangat umum dipakai maka hampir tidak ada bedanya dengan kalimat biasa.

Contoh ungkapan dapat kita temui baik dalam bahasa lokal maupun ungkapan bahasa Inggris. Nah, yang akan kita bahas kali ini adalah ungkapan dalam bahasa Indonesia. Ada terdapat banyak sekali ungkapan bahasa Indonesia yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, dan berikut beberapa contohnya:

banting tulang : kerja keras
gulung tikar : bangkrut
angkat kaki : pergi
naik pitam : marah
buah bibir : topik pembicaraan
angkat tangan : menyerah
meja hijau : pengadilan
buah tangan : oleh-oleh
kutu buku : orang yg suka baca buku
kepala dingin : tenang

Beberapa kata-kata ungkapan diatas merupakan contoh ungkapan yang sangat sering kita jumpai penggunaannya dalam percakapan sehari-hari. Pada lain kesempatan kita akan melanjutkan pembahasan tentang ungkapan yaitu contoh ungkapan bahasa Inggris dan artinya.

UPDATE: Karena banyak yang bilang masih kurang maka silahkan melihat pada komentar teman-teman dibawah untuk mengetahui kekurangan contoh ungkapannya, semoga dapat melengkapi tugas yang sedang kalian kerjakan:

Category: Uncategorized
64 Responses
  1. author

    Anonymous3 years ago

    sedikit sekali ungkapannya…gk seru nih.

  2. author

    Anonymous3 years ago

    kurang banyak..
    ada angin segar, berkas hitam, durian runtuh..
    sy lg cari artinya nih..

  3. author

    Anonymous2 years ago

    ada kepala dingin gak???

  4. author

    Anonymous2 years ago

    coba ditambah donk, ungkapannya!

  5. author

    Anonymous2 years ago

    kepala dingin = tenang dan sabar

  6. author

    Anonymous2 years ago

    Kurang lengkap, aku lg nyari arti MERUSAK HATI, MERACUNI HATI, MERAJUT BADAN, dan MEREMAS PERUT..

  7. author

    Anonymous2 years ago

    kurang banyak……tambah lagi donk!!!!!!

  8. author

    Anonymous2 years ago

    baNYAKIN LG DONKKKKKKKKKK PLEASE

  9. author

    Alysa AZ.2 years ago

    Makasih ya kak

  10. author

    Anonymous2 years ago

    lewat belakang = ?
    Jalan ssetapak= ?
    ujung tomabk= ?
    hidung belang= ?
    jalan pintas= ?
    sakit hati= ?
    mulut manis= ?
    makan hati= ?
    besar kepala= ?
    bunga desa= ?

  11. author

    Anonymous2 years ago

    itu km anonymous said
    jalan pintas mah jalan alternatif
    besar kepala sombong
    maenya nu kitu teapal ngeraken ihhh

  12. author

    Anonymous2 years ago

    bunga desa=gadis desa
    hidung belang=orang yg ingkar janji

  13. author

    Anonymous2 years ago

    buah hati
    lapang dada
    keras kepala
    naik daun
    kaki tangan
    keras hati
    buah pena
    darah biru
    ringan mulut

  14. author

    Anonymous2 years ago

    Makasih y
    Walaupun dikit tapi bermanfaat
    Sekali lagi terimakasih y kk

  15. author

    kamuh2 years ago

    jatuh namanya?
    setengah jalan?
    patuh hukum?
    garis depan?
    turut minum?
    unjuk gigi?
    berhati baja?

  16. author

    Ratna Asteria2 years ago

    a. Ungkapan dengan bagian tubuh
    kecil hati = penakut
    tebal muka = tidak mempunyai rasa malu
    b. Ungkapan dengan kata indra
    perang dingin = perang tanpa senjata, hanya saling menggertak
    uang panas = uang yang tidak halal
    c. Ungkapan dengan nama warna
    1) lampu merah = isyarat yang membahayakan
    2) masih hijau = belum berpengalaman
    d. Ungkapan dengan benda-benda alam
    1) kabar angin = berita yang isinya belum jelas
    2) bintang lapangan = pemain terbaik
    e. Ungkapan dengan nama binatang
    1) kambing hitam = orang yang disalahkan
    2) kuda hitam = pemenang yang tidak diunggulkan
    f. Ungkapan dengan bagian-bagian tumbuhan
    1) sebatang kara = hidup seorang diri
    2) naik daun = mendapat nasib baik
    g. Ungkapan dengan kata bilangan
    1) berbadan dua = sedang mengandung
    2) diam seribu bahasa = tidak berkata sepatah kata pun

  17. author

    Dwi jo2 years ago

    @ Ratna Asteria: thanks ya, udah nambahin, hehe.

    ayo siapa lagi yg punya koleksi ungkapan? share disini donk..

  18. author

    mira anindhita2 years ago

    ada kepala beku nggak?
    hahahahhahaha……….

  19. author

    Anonymous2 years ago

    hanya sgini nih??? sdikit amet dah!!!

  20. author

    Anonymous2 years ago

    masih kurang banyak tapi udh lumayan makasih ya ka

  21. author

    Anonymous2 years ago

    masih kurang ungkapannya tambahin lagi donk
    aku lagi cari arti kata tangan dingin

  22. author

    Anonymous2 years ago

    Bogem Mentah = Pukulan
    Gula-gula = Wanita Simpanan
    Berat Hati = Tidak Ihklas
    Mata Hati = Hati Nurani
    Kulit Badak = Tidak tau malu
    Batu Loncatan= Teman yg setia membantu
    Mencium tanah= Terjatuh
    Kaki tangan = Orang suruhan
    Tangan Kanan = Orang Kepercayaan

  23. author

    salma2 years ago

    masih kurang

  24. author

    Anonymous2 years ago

    maksih ya :D

  25. author

    fadly2 years ago

    kurang bnyak

  26. author

    Anonymous2 years ago

    gor sa'mono po ????????????/

  27. author

    Anonymous2 years ago

    anak emas?
    anak bawang?

  28. author

    coretan coretan keccil2 years ago

    lurus hati ?
    semata wayang ?
    tangan terbuka ?
    panjang lebar ?
    ringan tangan ?

  29. author

    Anonymous2 years ago

    kurang banyak mun tiasa mah seeran

  30. author

    Anonymous2 years ago

    batu cincin?
    Pinang sebatang?
    Dingin hati?
    Jalan gelap?
    Menjual suara?
    Akal lurus?
    Makan tanah?
    Naik tangan?
    Nyawa ikan?
    Panjang bibir?

  31. author

    kesia2 years ago

    kurang banyak banget nih

    ada tugas

    disuruh cari 20 ungkapan

  32. author

    Anonymous2 years ago

    seharusnya ungkapan'a dari sampe z :)

    anak emas : anak kesayangan
    bersilat lidah : memutar balikan kata kata
    besar kepala : sombong
    buah bibir : menjadi pembicaraan orang
    buah tangan : oleh oleh
    darah biru : orang bangsawan
    darah dingin : sabar
    gigit jari : kecewa
    gulung tikar : bangkrut
    kepala dingin tenang / sabar

  33. author

    Anonymous2 years ago

    bapak angkat?
    beli kucing dalam karung?
    buku putih?
    hitam putih?
    dari hati ke hati?
    daftar hitam?
    empat mata?
    estafet kepemimpinan?
    tangan dingin?

  34. author

    Anonymous2 years ago

    dikit amat?ada lagi gak soal na aku disuruh cari 50 kata ungkapan dengan artinya:d!please!!!!!!!!!!!!!!.

  35. author

    Anonymous2 years ago

    sebutkan 50 kata ungkapan..??

  36. author

    Anonymous2 years ago

    tolong jawab kata ungkapan ini..

  37. author

    Anonymous2 years ago

    cinta buta : cinta yang berlebihan
    berbuah manis : hasil yang memuaskan

  38. author

    Anonymous2 years ago

    panjang lidah ?
    buah pena ?
    kepala udang ?
    makan hati ?
    buah pikiran ?
    ringan mulut ?
    lurus hati ?
    apa ya itu arti nya,,tolong jawab sekarang aku lagi butuh banget
    .cepet ya !!!!!!!

  39. author

    Anonymous2 years ago

    tolong dooong kasih kata ungkapan yg ber awalan S 15 aj kok,,, buat tugas besok,,, pleeeeeeasss sekarang jwb ya….

  40. author

    wahyu hidayat2 years ago

    tq ya min uda ngasi walau dikit
    @ratna juga tq uda nambahin

  41. author

    fadlur2 years ago

    mdd haruskah 10.. 20 kekk

  42. author

    farah abidadah2 years ago

    ……………………………………………………..

  43. author

    Anonymous2 years ago

    dikit banget,minta 50 dong,tinggi hati?rendah hati?ringan tangan?

  44. author

    Anonymous2 years ago

    apa lagi nich?bermuka dua?beli kucing dalam karung?

  45. author

    Anonymous2 years ago

    muka tembok=
    buah pena=
    semata wayang=
    besar hati=
    sakit hati=

  46. author

    Anonymous2 years ago

    Banting Harga?
    Mati Kutu?
    Kaki Tangan?
    Makan Asam Garam?

  47. author

    Anonymous2 years ago

    arti dari kata pasir padi itu apa………….?

    tolonh artikan dunkz.

  48. author

    Anonymous2 years ago

    thank you ya (y) good

  49. author

    La Risman2 years ago

    batu gajah..
    mati suri..
    tangan kanan..
    dst,,,

  50. author

    Anonymous1 year ago

    mkasih

  51. author

    Michelle Faradina1 year ago

    lewat belakang?
    jalan setapak?
    ujung tombak?
    banting tulang?
    tangan panjang?
    rendah hati?
    panjang usus?

  52. author

    Anonymous11 months ago

    putih hati appah kk ?

  53. author

    elita sari10 months ago

    jatuh semangat ?
    kepala angin ?
    kehilangan muka ?

  54. author

    Anonymous9 months ago

    apa artinya kepala usang?

  55. author

    Anonymous8 months ago

    Kalo tangan dingin ?

  56. author

    ANONYMOUS8 months ago

    sama dong

  57. author

    Anonymous8 months ago

    kurang banyak aku disuruh 80 ungkapan @a_inuzzahro

  58. author

    faaizah khoirunnisa'8 months ago

    aku kak.. maaf saya gak punya!!
    lagi belajar juga nih,, makasih udah banyak ungkapan jadi aku bisa ngerjain tugas ;)

    me #enamSD

  59. author

    faaizah khoirunnisa'8 months ago

    thanks yaa kakak ;)
    aku sekarang jadi hafal ungkapan" .. dan aku bisa ngerjain tugas aku :)
    kalau bisa peribahasa juga donk kak

  60. author

    Anonymous6 months ago

    ada yg lain kah………………………

  61. author

    Anonymous6 months ago

    Kurang banyak bnget kak

  62. author

    afif zaki nur fauzi5 months ago

    tolong dong aku ada tugas cari 20 ungkapan plese

  63. author

    Anonymous5 months ago

    aku punya kayak gitu ungkapa 11

Leave a reply "Contoh Ungkapan Dan Artinya"